Penyebab Air Kencing Berwarna Kuning

Penyebab Air Kencing Berwarna Kuning > Kira-Kira Yang Menjadi Penyebab Kencing Berwarna Kuning Apa Yah? Simak Langsung Yu Informasinya Di Sini.

Apakah anda pernah memperhatikan warna dan bau kencing anda? Jika anda tidak mulai memperhatikan sebaiknya dari sekarang anda harus memperhatikan warna urin anda, karena jika warna urin kuning menjadi awal pada penyakit. Simak Yu Penjelasannya di bawah ini kenapa warna urine bisa menjadi kuning ?

Penjelasan Sekilas Terjadinya Air Kencing Berwarna Kuning

Penyebab Air Kencing Berwarna Kuning

Apa Itu Air Kencing? Urin alias air kencing adalah produk buangan yang terdiri dari berbagai macam zat yang tidak perlukan yang berasal dari makanan atau minuman yang kita konsumsi atau racun yang ada di tubuh kita. Semakin banyak air mineral yang kita dikonsumsi maka akan semakin jernih warna urin yang dikeluarkan oleh tubuh.

Warna urine memiliki warna berbeda beda tergantung air mineral yang banyak yang kita konsumsi. Perubahan yang terjadi pada urine terdapat gangguan masalah dalam tubuh atau menjadi gejala awal penyakit. Berikut ini adalah penyebab terjadinya urine warna kuning:

Penyebab Terjadinya Warna Kencing Menjadi Warna Kuning:

∴ Dehidrasi

Dehidrasi adalah dimana tubuh yang kekurangan cairan dalam tubuh yang dapat menimbulkan warna urine menjadi kuning tua. Ketika tubuh kekurangan cairan, dapat meningkatkan konsentrasi pewarna urin dalam tubuh yaitu urobilini. Urobilini merupakan sistem kandung kemih yang merupakan hasil zat sisa yang dihasilkan dari pemecahan sel darah merah oleh hati.

∴ Makanan

Makanan juga bisa menyebabkan warna urine berubah, karena ketika anda mengkonsumsi makanan yang memiliki warna seperti buah bit Vitamin B, beta-karoten yang dapat menyebabkan warna menjadi oranye, juga kadar peigmen yang pekat pada makanan tidak berubah ketika melalui proses pencernaan. hal ini bisa berubah pada warna urine.Makanan yang mengandung Vitamin C, juga bisa menyebabkan warna urine berubah menjadi warna oranye.

∴ Obat-Obatan

Jika anda sedang mengkonsumsi obat-obatan dari dokter, anda gak usah kaget karena beberapa obat seperti antibiotik, laksatif dan anti-inflamasi yang dapat menyebabkan urine menjadi warna kuning tua, Contoh obat yang terkena penyakit infeksi saluran kemih dan obat rifampin juga dapat menyebabkan warna urine menjadi kuning tua.

∴ Hematuria

Hematuria merupakan dimana warna urin terdapat darah, darah yang sedikit saja dapat menyebabkan warna urine menjadi berubah. Hematuria disebabkan oleh penyakit kanker atau peradangan pada kemih, faktor resiko hematuria adalah keluarga pernah mengalami sakit pada ginjal, batu empedu, dan infeksi yang diakibatkan oleh bakteri atau virus, Kejadian ini juga bisa terjadi pada siapa saja seperti anak-anak maupun remaja.

∴ Penyakit Seksual

Orang yang menderita penyakit seksual gejala yang ditimbulkan adalah perubahan warna urin kuning. Penyakit seksual disebabkan oleh chlamydia adalah infeksi yang paling sering terjadi yang dapat menimbulkan warna urine menjadi berubah.

∴ Gangguan Pada Organ Hati

Gejala yang timbul pada gangguan organ hati yaitu dengan perubahan warna urine menjadi gelap. Peradangan hati disebabkan oleh berbagai faktor, seperti virus dan bakteri. Jika peradangan hati dibiarkan terus menerus akan berakibat kerusakan dan bahkan bisa kematian jaringan hati.

Hal ini dapat beresiko kerusakan hati yang membuat hati tidak berfungsi dengan baik untuk memproduksi dan menyalurkan bilirubin. Bilirubin yang menyalurkan tubuh menjadi kuning yang dapat mengubah warna urin menjadi sangat pekat.

Itulah sekilas informasi penjelasan terjadinya gangguan pada hati semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *