Manfaat Habbatussauda Untuk Kesehatan

Manfaat Habbatussauda Untuk Kesehatan > Yang Wajib Anda Ketahui Kira-Kira Manfaat Habbatussauda Untuk Kesehatan Apa Saja Yah ? Simak Yu Informasinya Di Sini.

Habbatussauda atau jinten hitam sejatinya adalah sejenis biji yang berasal dari tanaman berbunga tahunan Nigella Sativa dengan famili Ranunculaceae. Adapun tanaman tersebut asli Asia Barat dan Asia Selatan.

Pada dasarnya, biji jintan hitam ini sering kali di manfaatkan sebagai bumbu masakan. Namun pada sekitar tahun 2000 hingga 3000 tahun SM, tanaman ini juga di kembangkan untuk di jadikan obat herbal yang memiliki khasiat untuk pengobatan berbagai jenis penyakit.

Adapun bagi umat Islam sendiri, Habatussauda memiliki keistimewaan tersendiri. Di dalam Ash-Shohihain yang diriwayatkan dari hadist dari Ummu Salamah dari Abu Hurairah R.A, bahwa Rasulullah Shallallhu alaihi wassalam bersabda: “Hendaklah kalian mengkonsumsi Habbatussauda, karena didalamnya terdapat kesembuhan dari setiap penyakit, kecuali saam”. Sedangkan saam artinya kematian.”

Habatussauda memiliki kandungan mineral, vitamin, protein nabati dan asam lemak tak jenuh. Di dalam habbatussauda terdapat asam lemak esensial bermanfaat untuk kesehatan kulit, rambut, selaput lendir, hingga untuk kestabilan produksi hormon di dalam tubuh.

Habatussauda juga memiliki kandungan nigellon yang tergolong jenis zat antioksidan alami, seperti vitamin A dan C. Beberapa penelitian menunjukan bahwa fungsi zat nigellon ini mampu memberikan perlindungan pada tubuh dari masuknya zat-zat asing yang berpotensi berbahaya. Kandungan lainnya yaitu glutathion yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.

Inilah Manfaat Habbatussauda Untuk Kesehatan

Manfaat Habbatussauda Untuk Kesehatan

Berikut adalah berbagai khasiat habbatussauda untuk kesehatan yang telah kami kumpulkan selengkap mungkin hanya untuk anda. Dan berikut adalah rinciannya:

⇒ Sebagai Anti Kanker

Habbatussauda bisa bermanfaat sebagai anti-tumor bagi tubuh. Pada sebuah Kongres Kanker International di New Delhi, manfaat minyak habbatussauda ini diperkenalkan oleh para ilmuwan kanker dari Immuno-biology Laboratory di South California.

Pada sebuah penelitian mencoba mengetahui aktivitas anti tumor dari zat thymoquinone dan thymohydroquinone dan yang diberikan ke tikus. Hasilnya Kedua fitokimia yang terkandung di dalam minyak biji hitam tersebut (thymoquinone dan thymohydroquinone) mampu menurunkan 52% sel tumor.

Dengan kedua zat bermanfaat tersebut menjadikan habbatussauda berkhasiat untuk membantu mencegah dan mengobati penyakit kanker, dengan melalui berbagai mekanisme yaitu anti-angiogenesi anti-metastasisdan induk apoptosis Oksigen.

⇒ Menetralkan Racun Dalam Tubuh

Mengkonsumsi habbatussauda bermanfaat sebagai detoks bagi tubuh. Mengkonusmsi makanan yang kurang sehat seperti junk food dan makanan siap saji mengakibatkan masuknya kandungan zat racun ke dalam tubuh

Keberadaan zat racun di dalam tubuh berdampak pada terganggunya sistem metabolisme tubuh, serta dapat memberikan gangguan pada fungsi organ tubuh.

Menurut Prof. Wadi’ah Shalih Bakr. Dirinya adalah seorang Doktor di bidang Biokimia dari Universitas di Inggris. Di dalam disertasinya, dia menyebutkan efek dari ekstrak habbatussauda pada enzim-enzim nukleotida di dalam jaringan. Dia menyatakan bahwa ada beberapa laporan laboratorium yang menunjukan manfaat ekstrak habbatussauda untuk pengobatan.

Salah satunya, kandungan ekstrak habbatussauda yang diberikan pada hewan tikus, diketahui bermanfaat untuk melindungi organ hatinya dari masalah keracunan yang ditimbulkan oleh enzim D-Glukosa Amyn (El Dakhakhny and Madi, 1995).

⇒ Sebagai Pengobatan Diabetes

Sebuah penelitian yang pernah diterbitkan di majalah Tohoku J Exp Med, pada terbitan september 2003, para peneliti dari Turki meneliti manfaat habbatussauda untuk diabetes. Penelitian dilakukan terhadap 50 ekor tikus yang terjangkiti penyakit diabetes.

Tikus-tikus tersebut dibagi menjadi dua kelompok. Pada kelompok yang pertama, tikus-tikus diberikan asupan minyak atsiri habbatussauda selama 30 hari berturut-turut. Adapun pada tikus kelompok yang kedua diberikan cairan mineral, namun tidak diberikan asupan ekstrak minyak habbatussauda.

Hasilnya, pada kelompok tikus yang diberikan minyak habbatussauda secara rutin mengalami penurunan kadar gula dalam darah, peningkatan kadar insulin dan peningkatan aktivitas sel-sel pankreas (yang berfungsi dalam mensekresikan insulin). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa hal itu bisa menjadi indikasi pada manfaat habbatussauda yang mampu untuk mengobati penyakit diabetes.

⇒ Menurunkan Tekanan Darah

Penelitian yang berasal dari Shahrekord University of Medical Sciences di Iran melaporkan bahwasannya mengkonsumsi pil ekstrak habbatussauda setiap hari selama dua bulan dapat menurunkan tekanan darah pada orang-orang yang mengalami hipertensi ringan. Selain itu, tidak ada komplikasi yang disebabkan oleh habbatussuda terhadap kesehatan partisipan penelitian tersebut.

Selain dari pada itu, pil ekstrak habbatussauda juga di temukan menurunkan tingkat kolesterol total dan kolesterol jahat, yang sekaligus meningkatkan kadar kolesterol pada beberapa kasus. Namun efek penyeimbangan kolesterol dari habbatussauda ini hanya muncul pada mereka yang memiliki kolesterol tinggi ringan. Adapun manfaat yang sama tidak ditemukan pada orang yang memiliki kadar kolesterol normal.

⇒ Manfaat Untuk Ibu Hamil Dan Balita

Kandungan Omega 3, Omega 6, dan Omega 9 yang terkandung di dalam jintan hitam merupakan kandungan penting bagi perkembangan jaringan janin di dalam kandungan. Demikian juga anak-anak di masa pertumbuhan harus diperkuat sistem imunnya sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Manfaat untuk kekebalan tubuh ini terdapat pada habbatussauda, yang baik dan disarankan untuk memberikannya pada anak. Selain itu, memberikan anak berupa habbaussauda ini juga bermanfaat untuk perkembangan otaknya agar berjalan fungsinya dengan baik.

⇒ Untuk Kesehatan Sistem Pencernaan

Kandungan di dalam jintan hitam ini berupa minyak volatif dan atsiri berkhasiat penting dalam menjaga kesehatan dan fungsi pencernaan. Dalam dunia pengobatan tradisional, minyak atsiri sering dimanfatkan untuk pengobatan diare. Pada sebuah penelitian pada tahun 1992 yang dipublikasikan  jurnal Farmasi Pakistan, menemukan bahwa minyak volatile lebih ampuh untuk membunuh bakteri E Coli dan strainbakteri V Colera daripada antibiotik seperti Tetracillin dan Ampicillin.

⇒ Memperoleh Sistem Kekebalan Tubuh

Ekstrak Habbatussauda seperti dipaparkan oleh Profesor G Reimuller, seorang Direktur Institut Immunologi dari Universitas Munich, bahwa kandungan di dalam habbatussauda mampu untuk memperkuat imun tubuh, sehingga tubuh dapat lebih kuat dalam menangkal serangan penyakit.

Habbatusauda di dalamnya banyak terdiri dari protein, vitamin, mineral. Sehingga memiliki manfaat yang cukup ampuh dalam mencegah reaksi peradangan pada tubuh. Selain itu juga bermanfaat untuk menjaga stamina tubuh dan mengontrol keseimbangan hormon di dalam tubuh.

Itulah Sekilas Mengenai Manfaat Habbatussauda Bagi Kesehatan, Semoga Bermanfaat Bagi Anda Dan Bisa Menjadi Wawasan Baru Lagi Untuk Anda.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *