Makanan Pantangan Setelah Operasi Usus Buntu

Makanan Pantangan Setelah Operasi Buntu > Apa Saja Makanan Dihindari Oleh Penderita Usus Buntu ? Simak Langsung Yu Penjelasan Nya Di Sini.

Penyakit usus buntu sudah sering sekali kita dengar. Banyak sekali orang yang menderita penyakit ini, jenis penyakit ini termasuk berbahaya.

Tidak heran jika penyakit ini sangat ditakuti oleh banyak orang. Sebenarnya apa itu usus buntu? Usus buntu adalah organ yang berbentuk tabung kecil dan tipis berukuran 5-10 cm yang terhubung pada usus besar, tempat dimana kotoran atau tinja terbentuk.

Berikut ini kami cantumkan beberapa makanan yang dilarang untuk anda konsumsi setelah operasi usus buntu, Simak Yu informasinya Di Sini

Beberapa Pantangan Makanan Setelah Operasi Usus Buntu

Makanan Pantangan Setelah Operasi Usus Buntu

Menurut penelitian dari John Hopkins Medicine Center, radang usus buntu membutuhkan penanganan operasi darurat yang tidak memerlukan banyak waktu. Namun, ada beberapa pantangan makanan sehabis operasi usus buntu, guna menghindari dan membatasi nyeri perut, dan memudahkan pencernaan bagi organ tubuh yang baru dilakukan pembedahan.

Berikut daftar pantangan makanan setelah operasi usus buntu.

Makanan Yang Mengandung Gas Dan Lemak Tinggi

Sangat Tidak Di Sarankan, Selama Pemulihan awal, 7-10 hari pertama, anda makanan yang berlemak. Makanan berlemak dapat menimbulkan lemak yang tersisa pada bagian usus yang diangkat. Makanan berlemak juga akan menyebabkan diare di sela-sela pemulihan operasi. Contohnya seperti gorengan, susu, dan es krim. Nah, sedangkan makanan yang menggandung gas tinggi seperti kacang, brokoli dan letuce, bisa menyebabkan perut kembung serta tidak nyaman.

Makanan Padat

Makanan yang memiliki tekstur padat membuntuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna. Apa Saja Contoh makanan padat yang sementara harus di hindari ? Buah-buahan berdaging padat, sayuran, daging, makanan berbahan dasar unggas atau ikan, telur, kacang-kacangan, roti, bahkan nasi putih, pokoknya makanan yang butuh usaha untuk dikunyah.

Makanan Yang Tinggi Kandungan Gula

Makanan Seperti Jelly, permen, kue-kue kering, memiliki kandungan gula tinggi. Kandungan gula tinggi, membuat tinja jadi lebih cepat keluar dari pencernaan, di mana itu tidak baik bagi usus yang dalam masa penyembuhan. Kebanyakan gula juga bisa menimbulkan diare pasca operasi usus buntu.

Minuman Atau Makanan Beralkohol

Makanan atau minuman yang memiliki kandungan alkohol, jelas ditentang untuk dikonsumsi setelah di operasi usus buntu. Mengapa demikian ? Pertama, Jelas Alkohol bukan asupan baik bagi kondisi tubuh yang sedang tidak sehat. Kedua, kandungan alkohol akan beraksi negatif jika bertemu sisa pembiusan pasca operasi dalam tubuh

Makanan Pedas

Banyak yang bilang makanan pedas dapat menyebabkan usus buntu, nyatanya tidak benar. Tapi memang salah satu pantangan makanan sehabis operasi usus buntu adalah makanan bercita rasa pedas. Makanan yang mengandung cabai, lada, dan paprika akan menyebabkan komplikasi maag pada pencernaan. Dikhawatirkan timbul rasa tidak nyaman pada perut bagian atas, lalu berakhir muntah, yang mana akan menimbulkan komplikasi lain sehabis radang usus buntu.

Buah Nanas Dan Semangka

Selama Menjalankan perawatan untuk radang usus buntu, sebaiknya mengindari buah nanas dan semangka, Ini karena buah-buah ini memiliki kandungan serat yang sangat tinggi sehingga mampu lebih cepat melancarkan laju sisa makanan sehingga dikhwatirkan akan mendesak usus besar yang sedang terkena radang. Buah-buah ini memang baik untuk mencegah usus buntu, tetapi tidak baik dalam masa proses penyembuhan.

Mengandung Kafein

Kandung kafein akan membuat organ dalam tubuh bekerja lebih keras. Ini juga akan membangkitkan kalenjer limfoid yang tersimpan di usus buntu. Padahal, usus buntu sedang mengalami peradangan. Sebaiknya Di Hindari, minuman berkafein seperti kopi, permen kopi atau jenis kafein lainya.

Makanan Yang Terlalu Dingin (es)

Makanan atau minuman yang dingin (es) juga sebaiknya dihindari saat menderita usus buntu maupun setelah melakukan operasi. Makanan yang dingin akan memberikan efek mengagetkan pada usus. suhu di dalam perut perlu dijaga keseimbangannya untuk mengindari komplikasi yang berbahaya.

Mengandung Minyak

Makanan berminyak akan membuat timbunan sisa makanan semakin banyak dan membuat perut Anda semakin bengkak. Karenanya, hindari makanan berminyak dan mengandung margarin lainnya. Jangan sekali pun makan makanan yang digoreng atau roti isi.

Jadi itulah pantangan makanan setelah operasi yang perlu di perhatikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *